An Analysis of Homeworks Given by English Teachers at SMA N 1 Batang Kapas
Daftar Isi:
- Pekerjaan rumah merupakan bagian dari proses pembelajaran yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ini merupakan suatu keahlian yang penting yang harus dipelajari oleh guru. Sehingga hal ini perlu dipahami atau diketahui oleh guru sebelum menerapkannya dikelas . Disamping itu, pekerjaan rumah juga mengontrol jalannya proses belajar mengajar, yang mana keahlian ini harus dimiliki oleh setiap guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru mengimplementasikan tipe-tipe pekerjaan rumah didalam proses pembelajaran. Partisipan dari penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris SMA N 1 Batang Kapas yang mengajar dikelas XI IPA. Adapun jumlah guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut adalah 5 orang tapi yang mengajar dikelas XI IPA hanya dua orang guru Bahasa Inggris. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan purposes samplingteknik. Jadi, peneliti menetapkan kedua guru Bahasa Inggris kelas XI IPA tersebut menjadi partisipan dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observation checklistdan field note sebagai alat observasi. Kedua instrumen tersebut digunakan untuk melihat bagaimana guru mengimplementasikan tipe-tipe pekerjaan rumahdalam proses pembelajarandi SMA N 1 Batang Kapas. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari menganalisis data hasil observasi, peneliti menggunakan tahap analisis data deskriftif yang diusulkan oleh Gay dan Airasian. Dan hasil analisis data observasi, peneliti menemukan bahwasannya kedua partisipan hanya mengimplementasikan beberapa tipe-tipe pekerjaan rumah dalam proses pembelajaran.