The Factors Influencing Students’ Oral Communication In English Classroom Interaction (A Study At Xi Grade Students Of Man Koto Berapak, South Pesisir)
Main Author: | Yesi, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10218/1/11040284%20YESI%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10218/2/ABSTRAK%20-%202020-09-30T151249.822.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10218/3/CHAPTER%20V%20-%202020-09-30T151321.468.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10218/4/REFERENCES%20-%202020-09-30T151339.694.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10218/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitan ini adalah untuk melihat faktor yang mempengaruhi komunikasi lisan siswa dalam interaksi di kelas. Ada 2 faktor yang mempengaruhi komunikasi lisan siswa yaitu faktor bahasa dan faktor sikap. Faktor bahasa, diantaranya; kurang kosa kata, salah pengucapan dan kurang mengerti dengan tatanan kata. Faktor sikap meliputi, takut melakukan kesalahan, malu, cemas, motivasi dan kurangnya percaya diri siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan deskriptif karena peneliti ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi komunikasi lisan siswa dalam interaksi dikelas. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS 2. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling untuk menentukan responden yang memiliki kriteria yang sama dengan tujuan penelitian ini. dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi dan angket. Dalam menganalisa data hasil observasi peneliti menggunakan tahap analisa menurut Gay dan Airasian. Sementara dalam menganalisa data yang diperoleh dari angket peneliti menggunakan rumus formula menurut Riduwan. Setelah menganalisa angket peneliti menemukan persentase untuk setiap item dari faktor yang mempengaruhi komunikasi langsung siswa, diantaranya; kurang kosa kata 62,3,%, salah pengucapan 66,2%, tata bahasa 54,7%, takut melakukan kesalahan 65,3%, malu 55,3%, cemas 54,3%, motivasi 56,3%, dan kurangnya percaya diri 41,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi siswa dalam komunikasi lisan yaitu salah pengucapan.