Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepatuhan dan ketidakpatuhan prinsip-prinsip kerjasama yang dilakukan guru dalam konteks pembelajaran. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menggambarkan tipe-tipe prinsip kerjasama yang dipatuhi dan yang tidak dipatuhi pada ujaran guru Bahasa Inggris di SMKN 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Content Analysis. Dengan menggunakan purposive sampling, yakni pengambilan sample berdasarkan kebutuhan research question yang berjumlah 3 partisipan. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pengamatan, dimana kegiatan guru direkam dengan rekaman audio untuk menemukan tipe-tipe prinsip kerjasama yang dipatuhi dan yang tidak dipatuhi oleh guru. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan pendekatan deductive. Dari analisa data penelitian, peneliti menemukan setiap guru mematuhi semua tipe-tipe prinsip kerjasama meliputi, maksim kuantitas, kualitas, hubungan, dan pelaksanaan serta peneliti juga menemukan 2 tipe-tipe ketidakpatuhan yaitu ketidakpatuhan terhadap maksim kualitas, dan kuantitas. Kemudian, adanya beberapa data yang menunjukkan kepatuhan prinsip-prinsip kerjasama secara berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepatuhan dan ketidakpatuhan prinsip kerjasama dilakukan secara sadar oleh guru. Kepatuhan prinsip-prinsip kerjasama terlihat ketika guru dapat menyampaikan materi secara jelas, benar, saling berkaitan, dan tertata kepada siswa. Pada hakekatnya, prinsip kerjasama memang tidak selalu dipatuhi. Sebagai contoh, ketidakpatuhan guru terhadap maksim kuantitas yang dilatarbelakangi oleh adanya upaya guru untuk memperjelas tuturannya.