Daftar Isi:
  • Teacher talk adalah bahasa yang digunakan guru untuk berkomunikasi dengan siswa ketika mengajar. Teacher talk ini bisa mempengaruhi suasana kelas, pemahaman siswa dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap teacher talk dalam interaksi kelas. Pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui teacher talk yang ada dalam interaksi kelas dan bagaimana sikap siswa terhadap teacher talk tersebut. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data diperoleh dari 27 siswa kelas dua yang dipilih secara acak dari 8 kelas dan 2 guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas dua di SMPN 13 Padang. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk membantu peneliti dalam observasi, peneliti menggunakan catatan lapangan dan perekam suara. Sedangkan dalam wawancara, peneliti menggunakan pedoman wawancara dan perekam video. Ketika melakukan observasi, peneliti mendengarkan perkataan guru selama mengajar dan mencatatnya sesuai dengan indikator dari jenis teacher talk sehingga peneliti mendapatkan data tentang teacher talk yang ada selama pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui sikap siswa terhadap teacher talk, peneliti mewawancarai 27 siswa kelas dua. Wawancara dilakukan setelah siswa selesai belajar agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Setelah menganalisa data yang didapat dari observasi, teacher talk yang ada selama pembelajaran berlangsung adalah memberikan pujian atau dorongan, menerima ide siswa, menanyakan pertanyaan, lecturing, memberikan arahan, dan mengkritik. Peneliti tidak penemukan teacher talk yang menerima perasaan siswa. Selain itu, setelah menganalisa data dari wawancara, peneliti mengetahui bahwa sikap siswa terhadap indirect talk adalah positif. Sedangkan sikap siswa terhadap direct talk ada positif dan negatif.