English Teachers’ Beliefs Toward The Questioning Strategy In English Class (An Interpretative Study At Smpn 15 Padang)
Daftar Isi:
- Keyakinan guru memiliki peran penting terhadap perilaku guru di dalam kelas karena keyakinan guru dapat mempengaruhi perilaku mereka ketika mereka mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keyakinan guru Bahasa Inggris terhadap strategi bertanya yang digunakan di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Basic Interpretative Study dimana data dikumpulkann dari mewawancarai tiga orang guru Bahasa Inggris di SMPN 15 Padang. Hasil analisa data kualitatif tersebut memperlihatkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMPN 15 Padang memiliki keyakinan bahwa strategi bertanya dapat memperkuat ketertarikan dan motivasi siswa dalam belajar, menilai kesiapan dari siswa, memperkuat siswa dalam berfikir kritis, pemeriksaan hasil belajar dari materi sebelumnya, menilai pencapaian siswa, dan merangsang pengetahuan dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa keyakinan yang dimiliki guru Bahasa Inggris merupakan tujuan dari classroom questioning yang akan bermanfaat untuk membantu siswa di dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Sehingga strategi bertanya ini dapat digunakan pada proses belajar mengajar di kelas Bahasa Inggris.