The Implementation of Project Based Learning Appoach in Teaching Learning Process at SMPN 31 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 yang dikenal dengan pendekatan saintifik (scientific approach) yang terdiri dari berbagai jenis macam pendekatan yang terdapat dalam pendekatan saintifik termasuk didalamnya pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengimplementasikan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran bahasa inggris.di SMPN 31 Padang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif (qualitative research). Dalam menentukan peneliti menggunakan teknik total sampling. Partisipan dalam penelitian ini adalah satu guru bahasa inggris yang ada di SMPN 31 Padang supaya lebih fokus dalam mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan oleh guru. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan pengamatan (observation checklist and field note) dan wawancara (interview). Hasil pengamatan tersebut untuk mendeskripsikan cara guru menerapkan penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dan tahap kedua peneliti melakukan wawancara dan memberikan beberapa pertanyaan tentang pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan oleh guru Dari data penelitian menemukan bahwa, semua langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan oleh guru. Adapun beberapa langkah-langkah yang tidak diterapkan oleh guru di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa semua langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan oleh guru. Meskipun ada beberapa langkah-langkah yang tidak diterapkan oleh guru namun tidak mempengaruhi berjalannya proses belajar mengajar. Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, pengajaran bahasa Inggris