Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat interaksi yang terjadi pada kelas dua kepariwisataan pada proses belajar dan mengajar bahasa Inggris di SMK N 2 Padang, Sumatra Barat. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa interaksi yang terjadi di kelas dua kepariwisataan berdasarkan teori Dagarin tahun 2004. Ada empat tipe interaksi di kelas yang bisa diterapkan agar kegiatan belajar dan mengajar pada kelas kepariwisataan berjalan dengan efisien dan lebih produktif. Diantaranya teacher-student interaction, teacher-students interaction, Student-student interaction, dan students-students interaction. Penelitian ini merupakan penlitian deskriptif dengan lokasi penelitian di SMK N 2 Padang, Sumatra Barat. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas dua kepariwisataan beserta guru bahasa inggris yang mengajar pada kelas dua tersebut. Peneliti mengambil video dari kegiatan belajar dan mengajar di kelas tersebut dan juga mengisi observation checklist yang telah divalidasi oleh validator. Kemudian peneliti juga membuat field note untuk lebih memperjelas pengambilan data pada saat itu. Berdasarkan hasil analisa observation checklist dan field note yang telah dilakukan oleh peneliti di SMK N 2 Padang, Sumatra Barat ditemukan dua tipe interaksi yang terjadi pada kelas dua jurusan kepariwisataan yang bersangkutan dengan materi pembelajaran dan yang satunya adalah student-student interaction yang terjadi didalam kelas tourism namun diluar konteks pembelajaran bahasa inggris. Dua tipe interaksi yang terjadi berdasarkan konteks pembelajaran bahasa inggris diantaranya teacher-student interaction dan teacher-students interaction. Sedangkan yang tidak ditemukan pada kegiatan belajar dan mengajar bahasa Inggris pada kelas dua jurusan kepariwisataan tersebut adalah students-students interaction.