An Analysis of Teacher’s Interpersonal Relationship in English Learning Process at SMA N 2 Painan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hubungan interpersonal (Interpersonal Relationship) dalam kelas bahasa Inggris bagi guru SMA N 2 Painan Kabupaten pessir Selatan. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengambarkan aktifitas–aktifitas yang dilakukan guru dalam hubungan interpersonal - dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dari penelitian ini ada seluruh guru Bahasa Inggris SMA N 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan menggunakan Total sampling, yakni pengambilan sampel berdasarkan reserach question yang berjumlah 4 partisipan. Dalam pengambilan data, peneliti melakukan pengamatan, dimana kegiatan guru direkam dengan rekaman video untuk menemukan aktifitas-aktifitas hubungan interpersonal yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar di SMA N 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam menganalisa data penelitian, peneliti menemukan bahwa setiap guru dalam hubungan interpersonal (Interpersonal relationship) melakukan kegiatan empathy, genuineness, unconditional positive regard. Aktifitas empathy yaitu memperhatikan siswa yang malas, menanyakan pemahaman siswa, menjelaskan, memberikan contoh, berinteraksi dengan siswa. Aktifitas genuineness yaitu menegur siswa yang membuat keributan, menegur siswa yang tidak mematuhi aturan, memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pelajaran. Aktifitas unconditional positive regard yaitu menanyakan pemahaman siswa, menguasai kelas, menjadi penengah, menerima pendapat siswa,memberikan pujian kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru bahasa inggris di SMA N Painan kabupaten Pesisir Selatan melakukan Hubungan interpersonal didalam proses pembelajaran, meskipun tidak melakukan semua kegiatan dilakukan oleh partisipa.