Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap konsep pembelajaran remedi serta faktor apa yang mempengaruhi persepsi guru itu sendiri. Populasi dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris SMA PGRI 2 Padang. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan total sampling teknik yaitu seluruh guru bahasa Inggris yang berjumlah 3 guru. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara dan angket. Wawancara bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap konsep pembelajaran remedi serta angket bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi persepsi guru terhadap konsep pembelajaran remedi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru mempunyai persepsinya masing-masing terhadap konsep pembelajaran remedi. Secara umum guru setuju terhadap konsep pembelajaran remedi. Hal ini dapat diartikan bahwa guru mempunyai pemahaman yang baik terhadap konsep pembelajaran remedi namun hanya saja guru belum melaksanakan konsep pembelajaran remedi secara ideal. Serta, Hal ini juga dikarnakan beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap konsep pembelajaran remedi yaitu faktor sikap, motivasi, pengalaman, dan harapan.