Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana penggunaan cognitive strategy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas XI Private Senior High School Semen Padang Sumatera Barat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 150 siswa yang terbagi di dalam tujuh kelas yaitu (XI MS 1, XI MS 2, XI MS3, XI SOS 1, XI SOS 2, XI SOS 3, and XI SOS 4).Dalam menentukan sample, peneliti menggunakan cluster sampling teknik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi dan questionnaire. Peneliti melakukan observasi terlebih dahulu terhadap siswa yang menggunakan cognitive strategy kemudian peneliti membagikan lembaran kuesioner terhadap siswa tersebut.Setelah dilakukan penghitungan dengan rumus Riduwan menunjukkan bahwa siswa melakukan proses – proses cognitive strategy dalam belajar berbicara bahasa Inggris di dalam kelas. Selanjutnya didapat bagaimana siswa melakukan masing – masing proses cogntive strategy. Peneliti menganalisa hasil jawaban siswa dan membuat tabulasi data dari jawaban siswa. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan analisa dan mendapatkan persentase dari setiap indikator di cognitive strategy seperti; Practicing 32,74%, Receiving and Sending Messages 20,59%, Analysis and Reasoning 24,30%, Creating Structure for Input and Output 22,36%.Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa siswa yang aktif, mandiri dan sukses sering menggunakan proses cognitive strategy ketika mereka belajar berbicara bahasa Inggris di dalam kelas.