Daftar Isi:
  • Perilaku buruk mahasiswa merupakan perilaku mahasiswa yang dapat mengganggu proses pembelajaran, mengganggu guru dalam mengajar dan mengganggu mahasiswa lain yang sedang belajar. Perilaku buruk mahasiswa biasanya seperti bercanda, melamun, coret-coret di buku dll. Speaking merupakan mata kuliah yang bertujuan melatih kemampuan berbicara mahasiswa dalam bahasa Inggris agar mahasiswa bisa lancar dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Di dalam speaking, grup diskusi merupakan salah satu metode yang di gunakan oleh dosen yang terdiri dari dua atau lebih mahasiswa dalam setiap grup yang bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam memecahkan masalah dalam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis perilaku buruk mahasiswa dan juga mengetahui perilaku buruk yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam aktifitas pembelajaran bahasa Inggris. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa yang banyak melakukan perilaku buruk dan mahasiswa yang sedikit melakukan perilaku buruk di dalam kelas. Selain itu, kelas akademik tahun 2014 yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat berjumlah 5 kelas. Dan dosen yang mengajar speaking II dalam 5 kelas tersebut adalah 2 orang. Dalam menentukan kelas, peneliti menggunakan purposive sampling tehnik. Oleh karena itu, peneliti hanya memilih kelas yang dengan mahasiswa yang banyak melakukan perilaku buruk dan yang sedikit melakukan perilaku buruk. Untuk pengambilan data, peneliti menggunakan observasi dan wawancara tidak terstruktur. Pada saat observasi, peneliti menggunakan kamera digital, untuk mengambil video dan photo. Peneliti juga menggunakan field note dalam observasi. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan enam jenis perilaku buruk mahasiswa yang ada di grup diskusi dan jenis perilaku buruk yang sering muncul di dalam group diskusi adalah enggan untuk berpartisipasi atau apathy.