Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe reward yang digunakan Guru Bahasa Inggris dalam berinteraksi dengan siswa selama proses belajar mengajar di SMPN 20 Padang. Pelaksanaan penelitian ini untuk menemukan informasi mengenai jenis reward apa saja yang digunakan dan untuk mengetahui alasan dari guru memberikan reward kepada siswa . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan teknik Total Sampling untuk pemilihan sampel. Partisipan dalam penelitian ini adalah 3 orang guru Bahasa Inggris di SMPN 20 Padang. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan alat yaitu menulis observation checklist, catatan lapangan dan rekaman video. Ketika melakukan pengamatan dengan menggunakan cheklist , peneliti mencatat semua aktifitas guru sesuai dengan indikator dari types of reward. Peneliti mendapatkan data bagaimana guru menggunakan types of reward dalam berinteraksi di kelas, serta melakukan wawancara dengan guru yang menjadi partisipan. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa guru-guru Bahasa Inggris di SMPN 20 Padang menggunakan reward selama proses belajar mengajar. Dari 4 buah types of reward yang diteliti, guru Bahasa Inggris di SMPN 20 Padang menggunakan dua tipe yaitu: social reward dan token reward.