An Analysis of Students’ Ability in Writing Generic Structure of Descriptive Text (at Eight Grade Students of Junior High School 20 Padang 2014/2015)
Daftar Isi:
- penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menulis teks Descriptive sesuai dengan struktur generik yang terdiri dari identifikasi, deskripsi, dan kesimpulan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian descriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas VIII8 SMP 20 Padang akademik 2014/2015. Peneliti memilih kelas VIII8 karena peneliti memilih satu kelas secara random yang terdiri dari 26 siswa sebagai partisipan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa menulis tes. Peneliti meminta siswa kelas VIII8 mengerjakan tes yang telah diberikan. Data dapat dikumpulkan peneliti pada hari senin tanggal 28 september 2015. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti menganalisis hasil latihan siswa berdasarkan indikator struktur generik dari teks Descriptive yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan beberapa cara siswa dalam menulis struktur generik dari teks Descriptive. Peneliti menemukan beberapa variasi cara siswa-siswa menulis teks Descriptive, seperti dalam menulis identifikasi ada siswa yang membuat nama dan ada juga siswa yang tidak membuat keduanya. Dalam penulisan deskripsi, ada siswa yang membuat deskripsi dan ada yang tidak membuatnya. Kemudian dalam penulisan kesimpulan, ada siswa yang tidak mebuat kesimpulan dan ada juga yang membuatnya. Secara general, siswa kelas VIII8 SMP 20 Padang telah mampu menulis struktur generik dari teks Descriptive dengan baik. Namun, juga terdapat beberapa siswa yang belum mampu menulis struktur generik teks Descriptive dengan baik berdasarkan teori Winch.