Students’ Style In Learning English (A Study at the Eleventh Grade Students of Senior High School 1 Solok Selatan In Academic Years 2015/ 2016)
Daftar Isi:
- Dalam belajar bahasa Inggris, siswa memiliki cara dan kemampuan masing – masing untuk memahami suatu informasi/ materi pembelajaran. Cara yang digunakan siswa dalam memahami suatu informasi tersebut disebut gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar yang dominan digunakan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Ada dua jenis gaya belajar yang diteliti. Pertama, dilihat dari aspek perseptual yang terdiri dari 3 tipe gaya belajar, yaitu visual, auditory dan kinesthetic. Kedua, gaya belajar dilihat dari aspek sosial yang terdiri dari 2 tipe, yaitu group dan individual. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Solok Selatan tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 248 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan total sampling teknik.Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mendapatkan data. Peneliti hanya menganalisa angket yang kembali saja, sehingga jumlah angket yang dianalisa adalah sebanyak 120 angket. Maka hasil penelitian diperoleh bahwa siswa menggunakan semua gaya belajar yaitu visual, auditory, kinesthetic, group, dan individual. Berdasarkan data yang didapatkan, persentase gaya belajar yang paling tinggi untuk aspek perseptual adalah visual dengan jumlah persentase 45.5%. Kemudian untuk gaya belajar untuk aspek sosial adalah group dengan persentase 44.3%. Jadi gaya belajar yang dominan digunakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Solok Selatan adalah visual dan group.