Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe apa yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMAN 13 Padang dalam mengaplikasikan strategi Direct Corrective Feedback dan bagaimana guru tersebut mengoreksi tulisan siswa berdasarkan dari bentuk-bentuk koreksi yang dijelaskan dalam teori. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Descriptive Research. Penelitian ini menggunakan dokumen sebagai sumber data penelitian, dokumen tersebut adalah hasil dari tulisan siswa dalam bentuk teks deskriptif. Data yang dianalis dalam penelitian ini adalah koreksi guru dalam mengoreksi tulisan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMAN 13 Padang menggunakan tipe Unfocused Direct Corrective Feedback dalam mengoreksi hasil tulisan siswa. Dimana yang dimaksud dengan Unfocused Direct Corrective Feedback adalah koreksi guru tanpa memfokuskan pada satu atau dua unsur, melainkan mengoreksi semua kesalahan yang ditulis siswa, baik itu dari segi penulisan, ide, dan juga isi dari apa yang ditulis siswa. Namun, guru Bahasa Inggris tidak memperhatikan ide dan isi yang ditulis siswa, guru hanya fokus mengoreksi tulisan siswa. Semua kesalahan yang ditulis siswa dikoreksi guru dengan cara mencoret kata yang salah serta melampirkan jawaban yang benar di dekat jawaban yang salah, dan guru Bahasa inggris menambahkan kata-kata atau huruf-huruf yang kurang dalam tulisan siswa.