Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menganalisa kompetensi kepribadian guru dalam proses belajar mengajar di SMA PGRI 3 Padang. Untuk kerangka analisa peneliti menggunakan kualitatif research untuk menjawab pertanyaan penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi ceklis, catatan dan merekam di kelas. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan teori yang terdapat pada penelitian ini. Data yang diperoleh dari karakteristik kompetensi kepribadian guru dalam belajar (Vikanda et al., (2012:3-4). Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa kebanyakan dari guru bahasa Inggris sudah mempunyai karakteristik kompetensi kepribadian guru, tapi tidak mempunyai semua karakteristik tersebut. Guru bahasa Inggris hanya mempunyai beberapa karakteristik saja. Dari 18 indikator dari karakteristik kompetensi kepribadian guru, guru bahasa Inggris paling banyak hanya memiliki 14 indikator. Dari observasi pertama dan observasi terakhir, guru A dan guru B hanya memiliki 13 indikator sedangkan guru C pada observasi pertama memiliki 14 indikator dan observasi kedua guru C hanya memiliki 13 indikator dari karakteristik kompetensi kepribadian guru. Berdasarkan temuan tersebut, dinjurkan kepada guru agar memahami dan mempunyai karakteristik kompetensi kepribadian guru.