Students’ perception of using instrumental music as supporting media in the process of teaching and learning English( A study at first grade hotel accomodation division in SMK N 9 Padang)

Main Author: Nia, Novellina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10166/1/11040056%20NIA%20NOVELLINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10166/2/ABSTRAK%20-%202020-09-30T140322.450.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10166/3/CHAPTER%20V%20-%202020-09-30T140422.967.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10166/4/REFERENCES%20-%202020-09-30T140440.083.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10166/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana pentingnya memlilih media di dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMKN9 Padang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan pandangan siswa terhadap penggunaan musik instrumental sebagai media pendukung dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif di SMK N 9 Padang dengan menggunakan purposive sampling, yakni pengambilan sample berdasarkan kebutuhan research question. Temuan penelitian ini mengungkapkan pandangan siswa bahwa mereka mendukung dan tidak mendukung penggunaan musik instrumental dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Siswa yang mendukung terhadap penggunaan musik instrumental dapat meningkatkan siswa Concentration and memory di dalam penggunaanya sebanyak 5,94%. Namun, siswa yang tidak mendukung penggunaan musik instrumental membuat mereka merasa mengantuk dan terganggu dengan adanya pemutaran musik instrumental di dalam pengajaran tugas bahasa Inggris sebanyak 1,35%. Dapat disimpulkan bahwa pendapat dari siswa SMK N 9 padang bervariasi terhadap pemutaran musik instrumental dan di dalam proses pembelajaran dapat membantu mereka lebih merasa nyaman dan konsentrasi. Key word : Instrumental music, perception.