Daftar Isi:
  • Mendengarkan adalah salah satu proses dimana siswa mendengarkan materi dan menemukan informasi yang diinginkan. Dalam mendengarkan, siswa perlu meningkatkan pemahaman dan konsentrasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari materi yang didengarkan. Oleh karena itu, siswa akan dapat memahami materi yang didengarkan dengan menggunakan strategi-strategi mendengarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi mendengarkan yang digunakan siswa dan yang paling dominan yang digunakan oleh siswa kelas XI SMA N 13 Padang. Karena masih terdapatnya keraguan mengenai apakah siswa-siswa tersebut menggunakan strategi ketika mendengarkan, maka peneliti mengadakan penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh siswa dalam mendengarkan. Penelitian ini melibatkan 167 siswa dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 SMA N 13 Padang. Data yang diperoleh adalah sebanyak 94 siswa dari 167. Dalam penelitian ini terdapat 15 strategi mendengarkan yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan angket sebagai instrumen penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI di SMAN 13 Padang menggunakan strategy tersebut. Strategy yang paling dominant digunakan adalah analyzing expression in pre-listening, analyzing contrastively in whilst-listening, and evaluating in post-listening. Itu berarti siswa menerapkan strategy ini untuk mencapai keberhasilan dalam mendengarkan.