An Analysis of the Students’ Ability on Using Verb in Writing Descriptive Text (Study at Second Year English Department Students of STKIP PGRI West Sumatera in Academic Year of 2014/2015)

Main Author: Musliadi, Musliadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10162/1/10040034%20MUSLIADI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10162/2/ABSTRAK%20-%202020-09-30T135553.510.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10162/3/CHAPTER%20V%20-%202020-09-30T135619.930.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10162/4/REFERENCES%20-%202020-09-30T135643.582.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10162/
Daftar Isi:
  • Writing adalah salah satu mata kuliah yang harus dipelajari oleh siswa. Dalam proses pembelajaran writing, mereka harus mempunyai kemampuan dalam menulis sebuah kalimat yang baik dan benar. Untuk membuat kalimat yang baik dan benar mereka harus paham tentang penggunaan grammar terutama dalam menggunakan kata kerja agar kalimat yang mereka buat dapat dipahami oleh pembaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud menganalisa kemampuan mahasiswa tentang pengunaan kata kerja (simple Present Tense) dalam menulis descriptive text. Responden dari penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa writing I di STKIP PGRI Sumatera Barat tahun pelajaran 2014/2015 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui document ujian akhir siswa tentang descriptive text yang penulis dapatkan dari dosen mata kuliah writing I. Dalam penelitian ini, Peneliti menganalisa kemampuan siswa dalam menggunakan tiga jenis kata kerja yaitu action verb, primary auxiliaries, dan modal auxiliaries. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa kemampuan siswa dalam menggunakan kata kerja berdasarkan benar dan salah dari penggunaan ketiga jenis kata kerja tersebut. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan main verb yang benar dengan total persentasi 72,4% dan penggunaan yang salah total persentasi 27,6%. Sedangkan pada primary auxiliaries penggunaan yang benar 83,1% dan penggunaan yang salah 19,2%. Sementara itu, pada modal auxiliaries total persentasi yang benar 77,9% dan total persentasi yang salah 22,1%. Berdasarkan persentasi dari ketiga jenis kata kerja tersebut, kemampuan mahasiswa dalam menggunakan kata kerja adalah bagus.