Daftar Isi:
  • Kemampuan murid dalam penggunaan gerund dan verb infinitive merupakan hal yang penting dalam tata bahasa penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penggunaan gerun dan verb infinitive di dalam writing essay siswa. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dala penenilitian ini adalah siswa kelas writing III di STKIP PGRI Sumatera Barat akademik 2014/2015 yang dipilih secara random dan terpilih 19 siswa dari 184 siswa dalam penilitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dokument. Hal pertama yang dilakukan peneliti adalah peneliti melakukan analisis dengan memberi tanda disetiap penggunaan gerund dan verb infinitive dari hasil writing siswa.Selanjutnya, peneliti mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa dalam penggunaan gerun dan verb infinitive. Dari hasil analisis data berupa hasil tulisan siswa berdasarkan gerund dan verb infinitive ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam penggunaan gerund dan verb infinitive tepat.Namun, dari 19 siswa ada beberapa siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan gerund terutam dalam pengunaan gerund as object dan gerund after preposition. Selain itu, ada beberapa siswa melakukan kesalahan dalam penggunaan verb infinitive terutama infinitive as subject dan infinitive as object of verb.