Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari pendekatan communicative language teaching oleh guru dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya berbicara di SMAN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa Inggris di SMAN 10 Padang yang sudah menggunakkan communicative language teaching.Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument yaitu menulis Observation Checklist, FieldNote dan kamera video. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa guru bahasa Inggris di SMAN 10 Padang telah menggunakkan delapan langkah dalam melakukan pendekatan communicative language teaching, yaitu guru memfasilitasi siswa untuk brainstorming materi yang akan dipelajari, guru memperlihatkan autentik material kepada siswa, guru mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kelas, guru memfasilitasi siswa untuk bekerja dalam kelompok, guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi, guru memfasilitasi siswa untuk memberi komen/opini terhadap presentasi teman mereka, guru meminta siswa untuk menampilkan sebuah dialog yang berhubungan dengan materi dengan temannya di depan kelas, and guru menilai proses aktifitas kelas. Dapat disimpulkan bahwa semua langkah yang digunakkan oleh guru seluruhnya sesuai dengan indikator. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa guru bahasa Inggris di SMAN 10 Padang mampu menerapkan communicative language teaching dan menyesuaikanya dengan materi yang diajarkan.