Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara antusiasme guru dengan kemampuan bahasa Inggris siswa. Populasi dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMPN 7Padang. Guru bahasa Inggris di SMPN 7 Padang ini ada 5 orang guru. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik Sartified Sampling dengan memilih 4 guru sampel. Dalam penelitian ini masing-masing guru diambil satu kelas dari lokal yang pernah diajarkannya. Semua ada 4 kelas berdasarkan uji normal dan uji homogen. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket untuk mengidentifikasi antusiasme guru dan nilai rapor semester akhir untuk melihat kemampuan belajar siswa. Setelah data diperoleh, peneliti menganalisanya dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk melihat apakah ada korelasi antara dua variabel tersebut. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan t-hitung (0.99) korelasi sangat kuat dan positif. Untuk membuktikan hipotesis, peneliti mendapatkan hasil dari t-hitung lebih besar dari t-tabel (0,99>0,95) dengan level signifikansi 5%. Jadi, hipotesis pada penelitian ini diterima. Ini berarti antara antusiasme guru dengan kemampuan bahasa Inggris siswa terdapat hubungan yang signifikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa antusiasme guru bahasa Inggris di SMPN 7 Padang periode 2014/2015 mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris siswa.