Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat kompetensi siswa dalam menggunakan aturan-aturan simple present tense untuk membuat kalimat-kalimat dalam teks prosedur yang menggunakan simple present tense sebagai tata bahasanya (language features). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menjelaskan bagaimana aturan-aturan penggunaan simple present tense pada kalimat-kalimat dalam menulis prosedur teks. Alat pada penelitian ini adalah sebuah tes berupa tes menulis (writing test) sebuah teks prosedur. tes tersebut di instruksikan pada 30 orang siswa kelas sebelas sebagai sampel pada penelitian ini di SMAN 1 Pasaman Barat Sumatera Barat dalam waktu 90 menit. Dari hasil analisis data tes tersebut ditemukan bahwa, siswa kelas sebelas tahun ajaran 2015/2016 memiliki kompetensi yang cukup (fair) dalam menggunakan aturan-aturan simple present tense dalam kalimat-kalimat pada teks prosedur yang mereka tulis. Data analisis menunjukan bahwa 8 orang siswa memiliki kompetensi memuaskan dengan persentase 27%. 6 orang siswa memiliki kompetensi baik dengan persentase 20%. 7 orang siswa memiliki kompetensi cukup dengan persentase 23%. 5 orang siswa memiliki kompetensi buruk dengan persentase 17%. Last, 4 orang siswa memiliki kompetensi sangat buruk dengan persentase 13%. persentasi tersebut dapat di interpretasikan bahwa lebih dari setengah dari sampel telah menulis teks prosedur dengan aturan simple present tense dengan kualifikasi yang cukup untuk penggunaan aturan-aturan penambahan s/es pada kata kerja yang sesuai dengan subjek kalimatnya.