The Effect of Students’ Aggression toward Student’s Affective Achievement at Eleventh Grade Students of Senior High School 16 Padang
Main Author: | Lidya, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10152/2/10040180%20LIDYA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10152/1/ABSTRAK%20-%202020-09-30T133847.181.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10152/3/CHAPTER%20V%20-%202020-09-30T133915.520.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10152/4/REFERENCES%20-%202020-09-30T133938.062.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10152/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi bagaimana pengaruh agresi siswa terhadap nilai afektif mereka dengan melihat skor agresi yang diperoleh dari angket yang dibagikan ke siswa. Jenis dari penelitian ini adalah causal comparative. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMAN 16 Padang kelas XI tahun akademik 2015/2016. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI yang terdiri dari sembilan kelas, yaitu: XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4, XI IPS 5 yang diambil dengan menggunakan simple random sampling yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel dari setiap kelas rata-rata terdiri dari lima siswa. Dalam pengambilan data, peneliti membagikan angket atau kuisioner yang diisi oleh siswa dan format penilaian afektif yang diisi guru. Angket agresi yang diisi oleh siswa terdiri dari sebelas pernyataan mengenai perilaku buruk agresi. Selanjutnya, peneliti memberikan format penilaian afektif siswa untuk diisi oleh guru yang sedang mengajar. Peneliti menghitung skor agresi serta skor nilai afektif yang diperoleh siswa kemudian membandingkannya. Dari data yang diperoleh setelah peneliti menjumlahkan skor agresi yang telah diisi siswa dan skor nilai afektif yang diberikan oleh guru, diketahui hasil bahwa ternyata prilaku agresi siswa memberikan efek terhadap nilai afektif siswa kelas XI SMAN 16 Padang tahun akademik 2015/2016. Hal ini dibuktikan oleh penemuan peneliti bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, karna nilai Thitung (2,879) lebih tinggi daripada nilai Ttabel (1,075).