Daftar Isi:
  • Penelitian qualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru bahasa inggris ketika mengajar di kelas. Desain penelitian ini adalah interpretative study. Partisipan dari penelitian ini adalah dua guru bahasa inggris SMPN 10 Padang yang memiliki karakter berbeda, yang satu cenderung humoris dalam mengajar dan yang satunya lagi cenderung pemarah yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling untuk mengambil sebagian dari jumlah total guru yang bisa mewakili seluruh total populasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan insrumen observation checklist, field note dan video. Kemudian, instrument digunakan untuk mendeskripsikan apa saja peran guru bahasa inggris ketika mengajar. Setelah observasi tiga kali selama satu minggu, peneliti memperoleh temuan dari analisis data secara deductive bahwa dari dua guru yang memiliki karakteritik berbeda ternyata memilki peranan yang sama di kelas meskipun dengan cara yang berbeda. Menurut brown and harmer (2007) ada 10 peran guru yang harus dimiliki ketika mengajar di kelas. Disimpulkan bahwa guru I dan II memiliki peran yang baik sebagai resources, controller, corector, director, participant dan tutor dan guru I dan II sudah memenuhi sebagian kegiatan yang harus dilakukan guru jika ia sebagai assesor, prompter dan organizer. Namun, keduanya tidak memiliki peran guru sebagai observer di dalam kelas.