An Analysis of Teacher’s Elicitation Technique in Teaching English (A Descriptive Study at SMA Adabiah 2 Padang)
Daftar Isi:
- Teknik elisitasi (pancing) merupakan teknik yang digunakan oleh guru untuk membangun partisipasi siswa di dalam mengajar Bahasa Inggris. Teknik elisitasi ini merupakan teknik untuk memancing siswa di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat jenis elisitasi yang digunakan oleh dua orang guru bahasa inggris SMA Adabiah 2 Padang di kelas X. Adapun jumlah guru Bahasa Inggris kelas X disekolah tersebut yang menjadi partisipan adalah 2 orang. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan total sampling teknik. Jadi, peneliti menetapkan kedua guru tersebut menjadi partisipan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi dan video recording. Kedua instrumen tersebut digunakan untuk melihat tipe-tipe teknik elisitasi (pancing) yang digunakan oleh guru di SMA Adabiah 2 Padang. Hal pertama yang dilakukan peneliti adalah melakukan observasi dengan menggunakan video rekaman, observation checklist sebagai alat selama observasi. Dari hasil yang ditemukan bahwa guru di SMA Adabiah 2 Padang telah menggunakan menggunakan teknis elisitasi dalam proses belajar mengajar. Teknik elisitasi yang digunakan oleh guru pertama adalah tipe elicit: inform, elicit: confirm, elicit: commit, elicit: repeat dan elicit: clarify dan guru kedua menggunakan semua tipe seperti elicit: inform, elicit: confirm, elicit: agree, elicit: commit, elicit: repeat dan elicit: clarify.