The Types of Teacher Questions and Students’ Responses in English Learning Process at SMAN 1 Pantai Cermin
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pertanyaan guru dan respon siswa dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Pantai Cermin. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tipe- tipe dari pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa inggris dan menggambarkan bagaimana respon siswa berdasarkan pertanyaan yang diberikan oleh guru di SMAN 1 Pantai Cermin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Content Analysis. Sampel dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa SMAN 1 Pantai Cermin. Dengan menggunakan total sampling yang berjumlah 2 orang guru dan siswa yang memberikan respon dalam proses pembelajaran. Dalam proses penelitian ini peneliti mengumpulkan data melalui observasi dengan menggunakan catatan lapangan dan video untuk menemukan tipe-tipe pertanyaan yang diberikan guru dan respon dari siswa berdasarkan pertanyaan guru dalam proses pembelajaran. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan pendekatan deduktif untuk tipe pertanyaan guru dan induktif untuk respon yang diberikan oleh siswa. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, guru menggunakan dua tipe pertanyaan yaitu: knowledge dan comprehension. Sedangkan dari respon siswa, peneliti menemukan ada 3 kategori respon yang diberikan oleh siswa yaitu: siswa merespon pertanyaan guru dengan jawaban yang benar, siswa merespon pertanyaan guru dengan jawaban yang salah, dan siswa tidak merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua orang guru menggunakan tipe-tipe pertanyaan yang sama berdasarkan teori dan respon siswa berkembang sesuai dengan kondisi di lapangan. Dalam penelitian ini, guru hanya menggunakan pertanyaan dalam tingkat rendah sehingga tidak menuntut siswa untuk berpikir dalam tingkat yang tinggi, karena guru hanya memberikan pertanyaan dalam bentuk fakta.