An Analysis of the Students’ Strategies in Answering Multiple Choice of Reading Test (a Study at Junior High School 18 Padang in Academic Year of 2015/2016)
Daftar Isi:
- Reading adalah salah satu pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Dalam proses pembelajaran reading mereka mempunyai strategi yang berbeda-beda namun kebanyakan dari mereka tidak sepenuhnya menyadari strategi yang mereka gunakan atau strategi yang sangat membantu mereka dalam reading test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud menganalisa strategi yang dominan digunakan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda. Responden dari penelitian ini adalah 81 orang siswa pada tahun ajaran 2015/2016 yang dipilih dengan purposive sampling teknik. Data dikumpulkan dengan membagikan angket kepada siswa dengan jumlah 21 butir pernyataan. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda adalah relax strategy dengan total persentasi 50,9%. take much time strategy dengan total persentasi 49,3%, dan answer easy question first strategy dengan total persentasi 55,9%. Selanjutnya, make note in the text booklet strategy dengan total persentasi 34,5%, eliminate answer students are wrong strategy dengan total persentasi 35,3% dan guess strategy 27,1% dan review strategy dengan total persentasi 46,8%. Jadi dari data di atas, strategi yang dominan digunakan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda adalah easy question first strategy.