Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reinforcement strategy yang digunakan dan diimplementasikan bagi guru didalam kelas. Dengan penelitian ini peneliti menemukan informasi mengenai reinforcement strategy yang digunakan dan bagaimana guru-guru mengimplementasikannya dalam mengelola kelas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari beberapa guru bahasa Inggris yang menggunakan reinforcement strategy. Jumlah guru yang diteliti berjumlah 3 orang di SMPN 35 Padang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi catatan lapangan,dan interview. Ketika melakukan pengamatan dengan menggunakan observasi catatan lapangan peneliti melihat semua aktivitas guru dan menceklis sesuai dengan indikator dari reinforcement strategy yang terbagi atas positive reinforcement strategy seperti reward yang terdiri dari prize, gift, motivation dan negative reinforcement strategy seperti punishment terdiri dari warning,dan discipline. Sehingga peneliti mendapatkan data bagaimana mereka menggunakan reinforcement strategy dan mengimplementasikannya didalam kelas sesuai dengan indikator. Observasi juga didukung dengan video agar bisa membantu dalam pengolahan data. Sedangkan inteview yang dilakukan dengan guru bahasa Inggris yang diteliti untuk mengetahui reinforcement strategy apa saja yang digunakan guru didalam kelas. Setelah menganalisa data yang didapat dari penggunaan instrument tesebut, peneliti menemukan bahwa partisipan menggunakan setiap indikator dari reinforcement strategy. Sementara, dalam mengimplementasikannya, partisipan memiliki berbagai macam cara dan aktivitas yang berbeda ketika pembelajaran bahasa Inggris dan pengelolaan kelas di dalam kelas. Secara umum, semua partisipan telah mengaplikasikan setiap reinforcement strategy dengan bagus, efektif dan kooperatif.