Students’ Ability in Writing Analytical Exposition Text (A Study at Eleventh Grade Studentsof SMA Negeri 4 Padang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis dan mengembangkan teks analitikal exposisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks analitikal eksposisi berdasarkan ketepatan generic structure pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud untuk menganalisis tentang kemampuan siswa dalam menulis teks analitikal eksposisi berdasarkan ketepatan generic structure yaitu thesis, argument, dan reiteration. Sumber data penelitian ini adalah dokumen, yaitu hasil dari karangan siswa tentang teks analitikal eksposisi yang didapatkan dari guru yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Data dikumpulkan melalui teknik acak (simple random sampling) yaitu peneliti mengambil 29 buah karangan siswa (10%) dari jumlah semua karangan siswa. Dalam menganalisis kemampuan siswa ada 3 aspek yang akan dinilai yaitu thesis, argument, dan reiteration. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis thesis yaitu sebesar 58% (cukup bagus), sedangkan kemampuan siswa dalam menulis argument yaitu sebesar 61% (bagus), dan kemampuan siswa dalam menulis reiteration yaitu sebesar 51% (cukup bagus). Jadi, kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang dalam menulis teks analitikal eksposisi dikategorikan cukup bagus.