An Analysis of Code Switching Used by English Teachers in Teaching Process at SMAN 01 Sabaris Pariaman
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang alih kode (code switching) yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris di SMAN 01 nan sabaris pariaman. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui tipe dan alasan dari alih kode(code switching) dalam ujaran guru bahasa Inggris ,yang dianalisis menurut teori Pardede and Krisno (2001) dan Hoffman didalam buku Pardede dan Krisno (2012). Metode yang digunakan adalah metode padan. Hasil penelitian ditemukan 80 data, penelitian ini hanya fokus pada 48 data alih kode (code siwitching) terdiri dari situattional, methaporical,emblematic, intra dan inter sentential , establsihing continuity dan involving of pronounciation dengan beberapa alasan yang ditemui dalam data tersebut yaitu 14 data berbicara dalam topik tertentu, 3 data mengutip, 5 kata seru, dan 7 data sebagai alasan untuk pengulangan kata yang ditemukan dalam ujaran guru. Berdasarkan wawancara, guru melakukan alih kode (code switching) karena beberapa alasan diantaranya untuk mempermudah menyampaikan materi dalam proses belajar mengajar didalam kelas, agar siswa menambah kosa kata bahasa Inggris, agar siswa tidak merasa bosan dan menganggap bahasa Inggris itu sulit untuk dipelajari.