Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe penguatan apa yang digunakan guru didalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan basic qualitative study. Partisipan dari penelitian ini adalah tiga orang guru Bahasa Inggris SMAN 1 Panti Kabupaten Pasaman. Data dikumpulkan melalui pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Pengamatan dilakukan dengan observation checklist dan mengisi fieldnote dan juga video recorder. Ada dua tipe penguatan menurut teori Sanjaya tahun 2006 yaitu penguatan verbal dan penguatan nonverbal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di SMAN 1 Panti menggunakan kedua tipe penguatan, yaitu penguatan verbal dan nonverbal didalam proses belajar mengajar. Penguatan verbal yang digunakan guru adalah memberikan satu kata pujian seperti; bagus, kata-kata pujian dalam bentuk prasa seperti; sangat bagus dan memberikan koreksi kepada siswa. Sedangkan, penguatan nonverbal yang digunakan guru adalah gerak isyarat seperti tersenyum, menganggukkan kepala, mengangkat jempol, mendekati siswa seperti berdiri di dekat siswa dan berjalan kearah siswa.