An Analysis of Students’ Ability in Writing Concluding Paragraph of Analytical Exposition Text at SMA N 3 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kesimpulan dalam teks analitikal eksposisi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa kemampuan siswa dalam menulis kesimpulan berdasarkan teori Darnell. Ada lima rubric penulisan kesimpulan yaitu: transition word, main idea restated, three main point restated, tie to the introduction, grammar dan sentence. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah hasil tulisan siswa mengenai teks analitikal eksposisi yang ditulis oleh siswa kelas sebelas SMA N 3 Padang. Dalam pengambilan data, peneliti mengumpulkan latihan yang ditulis oleh siswa dari kelas XI MIA 1 - 5 sebanyak 150 tulisan. Kemudian peneliti memilih 30 tulisan siswa yang memenuhi kriteria sebuah teks. Peneliti menganalisa teks siswa dengan melakukan cek dokumen dengan menggunakan rubric berdasarkan teori Darnell. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan analisa, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis kesimpulan dalam teks analitikal exsposisi cukup bagus hanya saja ada beberapa point di setiap rubric yang mendapatkan score yang rendah. Score ini di dapatkan dari rubric berdasarkan teori Darnell. Kemampuan siswa dalam menulis kesimpulan di tentukan dengan cara bagaimana siswa menarik kesimpulan dari sebuah teks dan bagaimana siswa mengembangkan dan mengetahui point-point penting di setiap paragraf. Di dalam menulis siswa juga harus memperhatikan tata cara menulis yang baik seperti cara pemakaian grammar. Oleh karena itu, peneliti menemukan ada beberapa siswa yang mendapatkan score cukup rendah, 17 siswa menggunakan transition word dan 13 siswa tidak menggunakan transition word. 13 siswa restate the main idea dan 17 siswa tidak restated main idea. 1 siswa restate the three point di dalam kesimpulan dan 29 siswa tidak. 17 siswa tie the conclusion to introduction and 13 siswa tidak. 21 siswa bagus dalam grammar and sentences dan 9 siswa tidak cukup bagus dalam grammar. secara general siswa kelas sebelas di SMA N 3 Padang telah mampu menulis kesimpulan dengan baik namun juga terdapat beberapa siswa yang belum cukup mampu untuk menulis kesimpulan dalam teks analitikal exposisi.