Communication Styles of the Teachers in English Classroom at SMPN 12 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya berkomunikasi guru dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Lebih lanjut, penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan data diperoleh dari beberapa guru Bahasa Inggris yang menggunakan gaya berkomunikasi dalam kelas Bahasa Inggris. Guru yang diteliti berjumlah 3 orang di SMPN 12 Padang. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan pengamatan CHECKLIST. Peneliti melihat semua aktifitas guru dengan menceklis dan menggunakan catatan lapangan sesuai dengan item pengamatan dari tipe gaya berkomunikasi guru. Berdasarkan item tersebut peneliti mendapatkan data yaitu guru memiliki tipe gaya berkomunikasi ASSERTIVE dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Secara umum, semua partisipan telah menggunakan gaya berkomunikasi ASSERTIVE dalam kelas Bahasa Inggris. Hasil penelitian, gaya berkomunikasi ASSERTIVE tersebut dapat membuat kelas menjadi semangat dan siswa lebih aktif belajar di dalam kelas. Peneliti juga berharap agar semua guru menggunakan gaya berkomunikasi ASSERTIVE ini agar siswa lebih mengerti dan lebih semangat belajar di dalam kelas.