Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh tinggi dan rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan English Club terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan tahun ajaran 2015/2016 yang pernah mengikuti kegiatan English club pada saat mereka kelas tujuh yang jumlahnya 28 orang siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan dokumen. Instrumen angket digunakan untuk menemukan siswa yang memiliki partisipasi yang tinggi dan rendah dalam kegiatan English club. Dari instrumen angket, peneliti menemukan bahwa dari 28 orang siswa yang mengikuti English club ada 17 orang siswa yang mempunyai partisipasi yang tinggi dan 11 orang siswa yang mempunyai partisipasi yang rendah. Selanjutnya untuk membuat data seimbang, peneliti mengambil nilai bahasa inggris 20 siswa (10 siswa yang berpartisipasi tinggi dan 10 siswa yang berpartisipasi rendah). Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan hipotesis ditolak karena t-hitung lebih kecil dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki partisipasi yang tinggi dalam kegiatan English club tidak terbukti akan mempunyai nilai bahasa inggris yang tinggi. Dengan kata lain, siswa yang memiliki partisipasi yang rendah dalam kegiatan English club belum tentu akan mempunyai nilai bahasa inggris yang rendah.