The Influence of Seating Arrangement toward Students’ Participation in learning English at SMPN 18 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang bentuk pengaturan tempat duduk siswa yang digunakan guru dan pengaruhnya terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan qualitative research design. Peneliti menggunakan desain ini karena peneliti ingin menganalisa apa saja tipe/bentuk pengaturan tempat duduk siswa dan bagaimana pengaruhnya terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan melakukan observasi,video dan wawancara terhadap guru dan siswa. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan tiga model pengaturan tempat duduk siswa yaitu model tradisional, model U dan diskusi. Tapi yang umumnya digunakan guru adalah model pengaturan tempat duduk model tradisional dengan memindahkan posisi siswa secara bergantian setiap minggunya. Peneliti menemukan, pada model tradisional siswa cukup aktif dalam berpartisipasi dikelas saat belajar bahasa Inggris karena, guru mengontrol kelas dengan baik. Untuk mendapatkan partisipasi siswa, guru memanggil siswa satu persatu berdasarkan absen siswa kemudian diberikan pertanyaan sesuai dengan materi yang sudah diajarkan. Sedangkan pada model U siswa antusias dalam berpartisipasi dikelas, ini terlihat ketika siswa aktif menunjuk tangan, memperhatikan guru dan disiplin dalam mengerjakan tugas. Guru mengontrol dan memberikan pertanyaan satu persatu kepada siswa dengan berjalan disekitar kelas. Disamping itu, peneliti juga menemukan siswa duduk pada model diskusi, guru meminta siswa duduk berkelompok ketika guru ingin melihat kerjasama siswa dalam pembelajaran yang membutuhkan metode kelompok atau diskusi. Pada model diskusi, guru mengontrol siswa dengan melihat siswa saat bekerja dalam kelompok. Siswa disiplin dalam kelompok masing – masing dan diawasi oleh guru. Pengaturan tempat duduk siswa cukup berpengaruh pada partisipasi siswa jika guru mengawasi dan membantu siswa dalam berpartisipasi. Dari ketiga model yang digunakan oleh guru yaitu : model tradisional, model U dan diskusi. Yang cukup berpengaruh terhadap partisipasi siswa adalah pada model U. Terlihat siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan guru dan antusias menunjuk tangan saat diajukan pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Key Words: Classroom Management, Seating Arrangement, Student Participation