Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan orang tua terhadap pencapaian siswa dalam memahami Bahasa Inggris di SMPN 2 Kubung, Kabupaten Solok. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa dukungan orang tua berdasarkan teori Catsambis dan Janet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan lokasi penelitian di SMPN 2 Kubung, Kabupaten Solok. Penelitian ini ditujukan kepada siswa SMPN 2 Kubung dan kedua orang tua dari siswa tersebut. Dimana ada 3 orang siswa yang diteliti berdasarkan nilai tinggi, sedang, dan rendah yang di dapat dari guru Bahasa Inggris. Setelah angket disebarkan kepada 3 orang siswa tersebut, peneliti juga melakukan wawancara dengan orang tua siswa guna mendukung jawaban siswa di dalam angket tersebut. Berdasarkan hasil analisa angket dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SMPN 2 Kubung dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua mempengaruhi pencapaian anak di dalam pelajaran Bahasa Inggris. Dukungan tersebut dapat berbentuk menyediakan kebutuhan sekolah siswa yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Inggris, memfasilitasikan siswa dalam Bahasa Inggris, berkomunikasi dengan guru Bahasa Inggris mengenai pencapaian siswa dalam belajar Bahasa Inggris, mendukung aktifitas-aktifitas atau acara-acara Bahasa Inggris di sekolah, serta membantu siswa dalam mengerjakan tugas sekolah Bahasa Inggris di rumah.