Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengembangkan sebuah teks analytical eksposisition. Penelitian ini bertujuan untuk keahlian menulis siswa yang bertujuan untuk menemukan informasi bagaimana keahlian siswa dalam menulis teks analytical exposition, dengan memperhatikan lima komponen, yaitu content, organization, vocabulary, language use dan mechanic, sehingga siswa dapat membuat sebuah teks analytical exposition secara bagus dan sesuai dengan component of writing skill yang tepat. Penelitian ini adalah penelitian descriptive quantitative. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMAN 3 Padang kelas XI tahun akademik 2014/2015 yang belajar bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4 dan XI MIA 5 yang diambil dengan menggunakan simple random sampling yang berjumlah 17 siswa. Pengambilan sampel dari setiap kelas rata-rata terdiri dari tiga siswa. Dalam pengambilan data, peneliti mengambil tiga buah tulisan siswa tentang teks analytical exposition, dua tulisan dari tugas dan satu tulisan dari ulangan harian siswa. Peneliti menganalisis tulisan siswa dengan bantuan tiga orang scorer yang ahli dalam bidang writing. Peneliti menganalisa hasil jawaban siswa dan membuat tabulasi data dari jawaban siswa. Dari data yang diperoleh setelah peneliti melakukan analisa, diketahui keahlian menulis siswa pada kelas XI di SMAN 3 Padang 2014/2015 adalah good (72%). Hal ini dibuktikan dengan penemuan peneliti dalam masing-masing komponen writing. Keahlian siswa mengenai content berada pada skala good to average (22%), organization berada pada skala good to average (14,35%), vocabulary berada skala good to average (14,47%), language use berada pada skala fair to poor (16,52%) dan mechanic berada pada skala fair to poor (3,05%).