Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat pengetahuan mahasiswa dalam menggunakan imbuhan dalam kata- kata membuat kalimat menjadi paragraf. Ini terdiri dari bagaimana mahasiswa menempatkan kata-kata yang telah diberi imbuhan, sehingga kata-kata tersebut berubah fungsi ketika dikompilasi menjadi kalimat. Dengan demikian, peneliti memfokuskan analisis pada penempatan imbuhan dalam kata-kata dan kata-kata menjadi kalimat dan kalimat menjadi paragraf berdasarkan fungsi dalam paragraf itu sendiri. Untuk mendapatkan data tentang pengetahuan mahasiswa peneliti meminta dokumen latihan, ujian mid semester, dan ujian semester mahasiswa kepada dosen yang mengajar (writing I). Untuk mengetahui hasil pengetahuan mahasiswa peneliti melakukan pemeriksaan dari latihan, ujian mid semester, dan ujian semester mahasiswa tersebut dalam penggunaan imbuhan dengan metode dokumen ceklist. Berdasarkan interpretasi data mahasiswa tahun pertama semester dua jurusan bahasa inggris STKIP PGRI Sumatera Barat membuktikan bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan tentang penggunaan dan penempatan imbuhan dalam menyusun kalimat menjadi paragraf. Interpretasi menunjukkan bahwa dari 18 samples yang di cari oleh peneliti lebih dari setengah samples telah menggunakan imbuhan dengan baik menyusun kalimat menjadi paragraf.