English Teachers’ Beliefs About Teaching Grammar An Interpretative Study At Sman 6 Padang
Main Author: | Anna, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10100/1/11040436%20ANNA%20DIANA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10100/2/ABSTRAK%20-%202020-09-30T091641.590.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10100/3/CHAPTER%20V%20-%202020-09-30T091806.293.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10100/4/REFERENCES%20-%202020-09-30T091824.657.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10100/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam keyakinan guru bahasa inggris tentang pengajaran tata bahasa di SMAN 6 Padang yang mana keyakinan tersebut dapat mempengaruhi guru dalam menentukan aktifitas pengajaran bahasa inggris di SMAN 6 Padang. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan serta menginvestigasi keyakinan guru bahasa inggris tentang pentingnya pengajaran tata bahasa dalam mengajarkan bahasa inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah a basic interpretative study. Dalam menentukan partisipan, peneliti menggunakan teknik total sampling. Ada 5 guru bahasa inggris di SMAN 6 Padang. Oleh karena itu, peneliti menetapkan semua guru bahasa inggris untuk dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara dan merekam hasil wawancara tersebut untuk menemukan keyakinan apa saja yang di miliki guru mengenai pengajaran tata bahasa. Peneliti menggunakan semi structure interview guna untuk mengeksplor pertanyaan dari jawaban responden. Dari data penelitian, peneliti menemukan bermacam asumsi tentang pentingnya tata bahasa dalam mengajarkan bahasa inggris. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ternyata para guru bahasa inggris berpendapat tata bahasa itu penting di ajarkan untuk language skills baik dalam receptive skills seperti listening dan reading serta productive skills seperti speaking dan writing. Disamping itu guru meyakini bahwa pengajaran tata bahasa tidak terlepas dari konteksnya seperti dalam mengajarkan berbagai macam teks dan dialog. Maka dari itu, tata bahasa penting diajarkan dalam bentuk dan arti sekaligus. This study based on the variety of English teachers‟ beliefs about teaching grammar in SMAN 6 Padang which beliefs can affect the teachers in determine the extent of teaching English at SMAN 6 Padang. The study is conducted aim to describe and investigate English teachers‟ beliefs about the important to teaching grammar in teaching English. This research is qualitative research. The method is used in this research is a basic interpretative study. In determining the participants, the researcher uses a total sampling technique. There are 5 English teachers in SMAN 6 Padang. Therefore, the researcher chooses all of English teachers as participants in this research. In collecting the data, the researcher conducts interview and record the result of interview to find the extent English teachers‟ beliefs about teaching grammar. Researcher uses semi structure interview to explore the question from respondents‟ answer. From the data of this research, the researcher finds variety of assumptions about the importance of grammar in teaching English. Based on the result of this research can be concluded English teachers have beliefs that grammar is important taught to language skills. They are; receptive skills such as listening and reading and productive skills such as speaking and writing. Besides, the teachers believe that teaching grammar cannot be separated from the contexts such as text and dialogue. Therefore, grammar is important taught in form and meaning together.