Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 4 Lengayang, yang disebabkan beberapa faktor diantaranya model dan metode yang digunakan oleh guru belum bervariasi. Pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Siswa menganggap pembelajaran biologi itu sulit dan banyak bersifat hafalan, tidak terlihat adanya motivasi dari siswa dalam belajar, sehingga pembelajaran ini terjadi satu arah. Siswa hanya mengandalkan informasi yang diberikan guru, sehingga proses pembelajaran masih belum efektif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 4 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Lengayang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri atas empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, sehingga terpilih kelas VII.A sebagai kelas eksprimen dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji t, dengan kriteria t hitung > t tabel. Analisis yang didapat dari rata-rata hasil belajar kelas eksprimen adalah 79,38 sedangkan kelas kontrol 70,22. Hasil analisis data dengan uji t diperoleh dimana thitung1,80 > t tabel1,68 yang berarti hipotesis (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning memberi peningkatan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 4 Lengayang.