Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Kerusakan Lingkungan untuk Siswa SMP
Main Author: | Tessa, Mutiara. T |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10080/1/11010274%20TESSA%20MUTIARA.T.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10080/2/ABSTRAK%20-%202020-09-23T101115.342.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10080/3/BAB%20V%20-%202020-09-23T101158.062.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10080/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2822%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10080/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran membutuhkan suatu media demi tercapainya tujuan pembelajaran. Di SMP Negeri 2 Painan guru menggunakan bahan ajar yang kurang menarik minat siswa untuk belajar dan siswa kurang mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, untuk itu perlu mengembangkan bahan ajar berupa handout. Dalam menggunakan handout perlunya suatu pendekatan kontekstual yang dapat menghubungkan materi dengan kehidupan siswa. Penelitian bertujuan mengetahui validitas dan praktikalitas handout berbasis kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan. Penelitian ini terdiri dari 4 orang validator yaitu 2 orang dosen dan 2 orang guru. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 20 orang siswa kelas VIII. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas handout menunjukkan pada kriteria valid 87,68% Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan kriteria sangat praktis yaitu 89,27% dan hasil uji praktikalitas siswa 90,59% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout berbasis kontekstual pada materi kerusakan lingkungan yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan sangat praktis.