Daftar Isi:
  • Bahan ajar yang digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran berupa buku teks dan handout. Buku teks yang digunakan memiliki tampilan berupa teks, kurang menarik, gambarnya bewarna hitam putih. Selain itu buku teks yang digunakan tidak menarik minat baca siswa dan materi pelajaran masih ada yang kurang dan tidak lengkap. Sedangkan handout yang digunakan materinya terlalu ringkas dan tidak dilengkapi gambar. Selain itu jika dilihat buku siswa yang ada, didapatkan bahwa masih ada kekurangan di dalamnya. Buku siswa tersebut memiliki gambar yang kurang lengkap dan tidak sesuai dengan aslinya. Materi sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang terdapat banyak gambar, skema, dan sistem. Hal inilah yang menyebabkan siswa menjadi tidak mengerti dengan materi ini dan tidak menarik minat belajarnya. Untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran dikembangkan bahan ajar berupa handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas handout bergambar berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu, define (Pendefenisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan) dan disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop (Pengembangan) yaitu sampai uji validitas dan uji praktikalitas. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validasi dan praktikalitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data statistik deskriptif persentase. Hasil uji validitas handout bergambar berbasis saintifik oleh validator menunjukkan bahwa handout ini memiliki kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 84,67%. Hasil uji praktikalitas handout bergambar berbasis saintifik oleh guru menunjukkan bahwa handout ini memiliki kriteria sangat praktis yaitu dengan rata-rata 91,22% dan uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan bahwa handout ini memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 90,43%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa handout bergambar berbasis saintifik pada materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.