Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Muara Bungo-Jambi
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat di SMPN 1 Limbur Lubuk Mengkuang bahwa nilai siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Limbur Lubuk Mengkuang masih ada yang di bawah KKM, KKM yang ditetapkan yaitu 72. Salah satu materi yang nilainya di bawah KKM adalah Sistem Gerak. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, serta kurangnya buku sumber untuk siswa, kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Muara-Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan randomized posttest-only comparison group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Limbur Lubuk Mengkuang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (68,17) kelas kontrol (55,19). Hasil uji-t didapatkan thitung = 2,86 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Muara Bungo-Jambi.