Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 4 Lembah Melintang Pasaman Barat
Main Author: | Su’aida, Su’aida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10077/2/11010040%20SU%27AIDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10077/1/ABSTRAK%20-%202020-09-23T100018.190.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10077/3/BAB%20V%20-%202020-09-23T100759.205.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10077/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2821%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10077/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu penyebab hasil belajar belum mencapai KKM diduga karena guru masih kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Guru biasanya menjelaskan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, yang hanya berfokus pada penyampaian materi oleh guru tanpa melibatkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 4 Lembah Melintang Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Metode penarikan sampel dengan teknik total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara undian, kelas pertama yang terambil sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas yang kedua sebagai kelas kontrol, maka diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas VIII1 dan Kelas kontrol yaitu kelas VIII 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Analisis data digunakan dengan uji -t. Berdasarkan skor tes hasil belajar IPA siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 61,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 57,85. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (0,97) < ttabel (1,67) yang berarti H1 ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) tidak meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 4 Lembah Melintang Pasaman Barat pada materi sistem gerak pada manusia.