Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru, guru lebih cenderung sebagai pusat penyampai informasi dalam proses kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendengarkan serta mencatat apa yang disampaikan oleh guru, ketika guru bertanya hanya sebagian siswa yang aktif menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi mind map terhadap hasil belajar biologi kelas X MAN Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest only Design” untuk melihat hasil belajar pada ranah kognitif sedangkan untuk hasil belajar pada ranah sikap dinilai dari rubrik pengamatan dan keterampilan dilihat dari produk yang dibuat oleh siswa berupa mind map. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MAN Koto Berapak Bayang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas X MIPA1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes akhir. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi 79,5 dari pada kelas kontrol 74,88. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung 7,55 > ttabel 1,71 yang berarti hipotesis diterima, (ada pengaruh Strategi mind map dalam pembelajaran biologi siswa kelas X MAN Koto Berapak Bayang). Berdasarkan hasil analisis didapat rata-rata sikap untuk kelas eksperimen nilai modus 3,5 dengan predikat B. Sedangkan penerapan strategi mind map yang dijadikan sebagai penilaian psikomotor capaian optimumnya 2,03 predikat C. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X MAN Koto Berapak Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.