Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja, siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, dalam diadakannya diskusi kebanyakan siswa belum terlatih untuk bekerja sama dengan temannya dan mengeluarkan pendapat, serta model yang digunakan guru belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembaran tes hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes akhir diperoleh perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada kedua kelas sampel. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 72,31.dan kelas kontrol adalah 61,13. Hasil uji-t didapatkan thitung = 2,29 dan ttabel = 1,67. thitung > ttabel maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, berarti hipotesis diterima (H1) yaitu Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.