Daftar Isi:
  • Hasil wawancara peneliti dengan beberapa guru di beberapa sekolah diketahui bahwa masih ada guru yang belum mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil analisa peneliti terhadap perangkat yang sudah ada, bahwa perangkat dibuat guru belum sesuai KI dan KD. Ini terlihat dari (1) perumusan indikator yang diturunkan melalui KD belum sesuai, (2) urutan materi tidak sistematis dan tidak sesuai dengan KD, (3) masih terdapat pemilihan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pendekatan saintifik, (4) LKS yang digunakan belum sesuai dengan tuntutan KD yang harus dicapai siswa, (5) belum menggunakan media power point berbasis problem based learning , (6) bentuk, tehnik dan instrumen/pengskoran belum sesuai. Faktanya materi keanekaragaman hayati tidak semua dapat diamati siswa secara langsung oleh siswa, sedang siswa dituntut untuk pembelajaran biologi sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran maka dikembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS, media power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and The develop-ment) yang terdiri dari 4 tahap yaitu; Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop yaitu sampai pada tahap validitas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil uji validitas RPP, LKS, media power point oleh Dosen dan Guru. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil Penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS dan media power point berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA. Hasil validitas dari dosen dan guru, untuk RPP nilai rata-rat 87,08 % dengan kriteri sangat valid, LKS nilai rata-rata 84,42 % dengan kriteria sangat valid, dan media power point 86,7 % dengan kriteria sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA nilai rata-rata mencapai 86,07 % dengan kriteria sangat valid.