Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Poster Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran biologi di SMP N 1 Koto Baru, kurangnya guru dalam menggunakan model, metode, media yang bervariasi. Hal tersebut membuat siswa kurang aktif, tidak memperhatikan guru dan tidak termotivasi dalam belajar. Hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup masih di bawah KKM yang sudah ditetapkan yaitu 75. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pada materi keanekaragaman ini sulit, materi ini membahas tentang macam-macam jenis hewan dan tumbuhan langka. Kemudian menjelaskan bentuk atau ciri-ciri dari hewan dan tumbuhan langka dan menjelaskan cara pembudidayaan hewan dan tumbuhan serta siswa sulit membedakan mana yang termasuk upaya pelestarian ex-situ dan in-situ. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran Discovery Learning disertai media poster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media poster terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Sampel kelas eksperimen adalah VIIA dan kelas kontrol adalah VIIB. Instrumen yang digunakan adalah penilaian kognitif yang diambil pada saat tes akhir hasil belajar dalam bentuk soal objektif sebanyak 25 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,30 sedangkan kelas kontrol 63,53. Dari uji hipotesis yang didapat bahwa th>tt dimana th = 3,99 dan tt = 1,67 maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media poster berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.