Penerapan Teknik Operan Kertas Ide Disertai Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 9 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar biologi siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang lebih mudah dalam pelaksanaanya. Hal ini menyebabkan hasil belajar biologi siswa relatif rendah dan banyak nilai siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan Penerapan Teknik Operan Kertas Ide Disertai Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September 2015 di kelas XI SMA N 9 Padang semester I tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA N 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 81,57 dan kelas kontrol 80,43. Kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai ttabel 1,67 sedangkan thitung 0,32, berarti thitung < ttabel, maka H1 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan teknik operan kertas ide disertai media slide power point terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 9 Padang.